THS dan THM Buka Latihan di Kota Semarang



Minggu, 25 Februari 2018 pukul 16.00 WIB dilaksanakanlah Perayaan Ekaristi untuk menandai dibukanya unit latihan olah raga bela diri Tunggal Hati Seminari (THS) dan Tunggal Hati Maria (THM) di Gereja Stasi St. Petrus Krisologus Bumi Semarang Baru yang masih merupakan bagian dari Paroki St Theresia Bongsari Semarang. Perayaan Ekaristi diikuti oleh 80 peserta terdiri dari anggota THS-THM dan calon anggota beserta keluarga. Perayaan Ekaristis dipimpin Rm. Eduardus Didik Chahyono SJ. 

Ronald Suitela sebagai pemrakarsa kegiatan menjelaskan, “ THS-THM melaksanakan latihan di  Stasi St Petrus Krisologus BSB  dimaksudkan untuk  menjawab kebutuhan pendampingan orang muda. Sebelum meminta ijin kepada Pastor Kepala Paroki St Theresia Bongsari, kegiatan ini telah disosialisasikan kepada OMK di Lingkungan Santo Petrus yang merupakan lingkungan terdekat dengan Gereja. Mulanya ada sekitar 12 anak seusia SMP dan SMA yang menanggapi ajakan mengikuti latihan THS-THM. Tapi dengan restu Pastor Paroki dan dilaksanakan Perayaan Ekaristi pembukaan ini, calon peserta bertambah menjadi 25 orang. Melalui olah fisik dan kegiatan pendalaman iman dalam THS-THM ini, kami berharap Orang Muda Katolik di Stasi St Petrus Krisologus dapat makin bersemangat dan memiliki kegiatan positif yang beragam.”


Rm. Eduardus Didik Chahyono SJ menyambut positif rencana latihan THS-THM di Gereja Stasi St Petrus Krisologus. Rm Didik SJ mengungkapkan, “ Kelompok THS THM ini bisa menambah keragaman pembinaan bagi OMK ini. Besar kemungkinan THS-THM adalah wadah komunitas kategorial  pertama yang berkegiatan di Gereja Stasi. Kegiatan ini selaras dengan mimpi Paroki yang ingin semakin menghidupkan kegiatan menggereja di Stasi ini. Harapannya, akan ada komunitas-komunitas lain yang tertarik untuk berkegiatan di Gereja ini. Terkait dengan THS-THM, selain olah raga ini mengajarkan ilmu bela diri, para peserta akan diajak juga untuk makin akrab dengan kitab suci dan doa. Latihan THS-THM juga akan membantu pembentukan karakter Orang Muda Katolik menjadi makin berkomitmen, bertanggungjawab, disiplin, tekun, dan muda untuk memusatkan konsentrasi pada hal-hal positif yang ingin dicapainya. Selain itu, olah fisik latihan THS-THM dapat menyehatkan dan menambah kebugaran bagi generasi muda.”

Hadir juga Rm. Luhur Prihadi Pr, selaku salah satu dewan pendiri THS-THM. Beliau menegaskan,” THS-THM bertujuan membentuk orang muda agar makin beriman dan memiliki karakter yang unggul. THS-THM bertujuan menggembleng orang-orang muda Katolik agar makin militan, setia pada Kristus, Gereja Katolik Roma dan setia pada orang tua.” Dalam kesempatan itu, Rm Luhur menyerahkan Surat Peneguhan bagi  Pelatih yang ditugaskan di stasi St Petrus Krisologus BSB, yaitu:1. Armindo Soares (THS), 2. Aris SArmento (THS), 3. Kanisiana (THM). Ketiganya adalah anggota THS THM Ranting Paroki Baciro Yogyakarta.
Dalam acara pembukaan latihan THS-THM di Stasi St Petrus Krisologus Paroki St Theresia Bongsari dilaksanakan juga penanaman pohon Damar (Aghatis Dammara Rich) berjumlah 6 pohon.  Untuk menarik dan semakin memotivasi peserta ikut berlatih, dilaksanakan juga peragaan silat. Peragaan Silat dimaksudkan bukan untuk memamerkan kebolehan anggota THS tapi justru ingin menampilkan kerendahan hati karena dengan bersaksi sebagai pendekar Gereja, anggota THS THM sedang berdoa dalam hati “Bukan sombong yg kucari, hanya Iman sebiji sesawi dan inilah kesaksianku” dan dengan demikian ingin menampilkan sebesar besarnya kemuliaan Tuhan juga bahwa yang bekerja dalam kesaksian itu hanyalah kekuatan Tuhan belaka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESAN BAPA SUCI PAUS FRANSISKUS UNTUK HARI ORANG MISKIN SEDUNIA I (19 November 2017)

PERAYAAN NATAL GEREJA BONGSARI SEMARANG